Cek Tagihan PLN

Posted on

Cek Tagihan PLN – Listrik merupakan kebutuhan utama seluruh manusia. Semua alat elektronik tidak akan bisa berfungsi dengan baik tanpa adanya pasokan listrik. Di negara kita tercinta ini ada PLN sebagai perusahaan penyuplai listrik terbesar di Indonesia.

Namun supaya Anda mendapatkan layanan listrik dari PLN tentunya harus membayar tagihan bulanan. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui cara cek tagihan PLN.

Dalam proses pembayaran tagihan listrik, ada 2 jenis program pembayaran listrik yaitu prabayar dan pascabayar. Ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu definisi dari keduanya.

Penjelasan Listrik Prabayar dan Pascabayar

Cek Tagihan PLN

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa layanan listrik PLN itu ada 2 macam yaitu prabayar dan pascabayar. Kedua jenis sistem pembayaran ini memiliki fungsi yang dan juga metode pembayaran yang berbeda-beda. Mari kita bahas definisinya agar Anda bisa memahaminya.

Listrik Prabayar

Layanan listrik ini mewajibkan Anda membayar terlebih dahulu setelah itu baru bisa menggunakan listriknya, biasanya orang-orang sering menyebutnya token listrik. Sistemnya ini mirip sekali dengan pulsa pada handphone,

jadi nanti Anda membeli token dengan nominal tertentu, kemudian Anda masukan nomor token yang sudah Anda beli dengan menekan tombol angkanya. Jika Ada tulisan “benar” pada layar token, berarti pulsa token sudah terisi. Pulsa token yang sudah digunakan tidak bisa dipakai lagi.

Keunggulan Sistem Prabayar :

  • Nominal pulsa bisa disesuaikan dengan kebutuhan mereka.
  • Tidak khawatir telat bayar bulanan karena ketika token mau habis .
  • Perhitungan pemakaian listrik sudah pasti benar.
  • Kemanan token terjaga dengan baik.

Kekurangan Sistem Prabayar :

  • Jika token lupa diisi maka listrik akan mati saat habis .
  • Peralatan rawan rusak jika tidak dijaga dengan baik.

Listrik Pascabayar

Sistem pascabayar ini bisa dibilang lawannya prabayar. Jadi, Anda bisa memakai listrik terlebih dahulu sedangkan untuk pembayarannya dilakukan pada akhir bulan atau sesuai tanggal yang ditentukan. Total tagihan akan diperlihatkan ketika Anda akan membayar tagihan bulanan.

Kelebihan Sistem Pascabayar :

  1. Tidak perlu takut kehabisa token listrik.
  2. Tinggal bayar tagihan secara langsung tanpa harus mengisi token.

Kekurangan Sistem Pascabayar :

  1. Tagihan bisa terus membengkak jika tidak diatur dengan baik.
  2. Jika telat membayar tagihan bulanan bisa terkena denda.

Setelah mengenal jenis metode pembayaran pada layanan listrik PLN. Sekarang, waktunya Anda mengetahui bagaimana cara cek tagihan listrik PLN agar pengeluaran tidak membengkak. Cara cek tagihan ini khusus untuk sistem pascabayar.

Bagaimana Cara Cek Tagihan Listrik PLN?

Ada beragam cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek total tagihan listrik PLN setiap bulan seperti SMS, melalui aplikasi dan juga lewat website. Berikut ini caranya.

Cek Tagihan PLN Lewat SMS

Cara ini sangat mudah dilakukan, Anda bisa menggunakan layanan SMS untuk mengetahui jumlah tagihan yang harus dibayar.

  1. Masuk ke menu pesan atau SMS pada smartphone Anda.
  2. Lalu ketik REK(spasi)No ID Pelanggan Anda
  3. Selanjutnya kirim SMS tersebut ke 8123.

Tunggu sebentar, nantinya Anda kana mendapatkan informasi tagihan listrik kalian.

Jika Anda mau lebih mudah mengecek tagihan tiap bulan, tinggal megnetik PLN(spasi)ON(spasi)ID Pelanggan dan kirim ke 8123.

Namun, jika berhenti langganan tinggal mengetik PLN(spasi)OFF(spasi)ID Pelanggan, kirim ke 8123.

Cek Tagihan PLN Lewat Telepon

Tidak jauh berbeda dengan perusahaan lainnya, PLN juga memiliki Operator atau Customer Service yang bertugas melayani berbagai keluhan dari para pelanggannya. Anda bisa menghubungi CS atau operator PLN ke nomor 123,

tapi jangan lupa untuk sertakan kode area sebelum nomor tersebut. Misalkan kode area untuk wilayah Jakarta adalah 021, berarti Anda bsia menelpon ke 021-123. Setelah tersambung dengan operator, Anda bisa tanyakan perihal tagihan listrik bulanan Anda.

Lihat Juga :

Dengan rutin cek tagihan PLN maka Anda tidak perlu khawatir jika tiba-tiba tagihannya membengkak. Selain itu, Anda pun menjadi lebih tenang ketika seluruh tagihan listrik sudah terbayar.